BUKU PENTING UNTUK BELAJAR PRAKTEK HUKUM PIDANA

Di tengah hal-hal yang membosankan tentang pembahasan hukum pidana dalam buku-buku teks kuliah hukum, buku ini seolah menjadi oase yang dinanti oleh masyarakat. Kita tentu tidak berharap sama sekali terjebak dalam suatu perkara pidana, entah sebagai saksi, korban, atau tersangka yang kelak diwisuda menjadi terpidana. Meski belum tentu dikenakan hukuman, namun terjebak dalam perkara pidana menjadi hal yang melelahkan lahir batin dan tentu membosankan sehingga mempersiapkan wawasan dan pengetahuan setidaknya akan memberikan kesiapan lebih.

BILA ANDA MENGHADAPI PERKARA PIDANA

BILA ANDA MENGHADAPI PERKARA PIDANA

Rasanya, inilah buku terbaik untuk siapa saja yang ingin melihat sisi praktis hukum pidana diluar hal-hal yang telah diatur oleh KUHAP. Secara prinsip, tentu tetap mengacu pada aturan umum Hukum Acara Pidana, asas-asas, dan doktrin-doktrin. Secara tegas memang ditulis pada judul buku ‘PANDUAN PRAKTIS BILA ANDA MENGHADAPI PERAKARA PIDANA’.

Ditulis oleh Brigjen Pol (P) Drs. Suharto, S.H., M.Hum. dan Jonaedi Efendi, S.H., M.H., buku ini terdiri dari 4 Bab yang mengulas teori-teori dasar Hukum Pidana, proses dalam Perkara pidana, hak-hak tersangka atau terdakwa, dan tip-tip dalam menghadapi proses pidana. Dengan bahasa yang mudah dicerna, buku ini secara lugas memberikan gambaran bagaimana sebuah proses penanganan berjalan sejak dari penyelidikan di kantor polisi hingga persidangan di pengadilan. Tip-tip juga disampaikan secara jelas sehingga masyarakat bisa bersikap secara benar dalam proses pidana.

Mengingat ditulis oleh seorang praktisi, dalam hal ini seorang purnawirawan kepolisian, buku ini tentu tidak perlu diragukan lagi kualitas materinya. Status inilah yang juga memberikan keberuntungan lain yaitu memudahkan penulis buku untuk mendapatkan contoh-contoh surat kerja terutama dari kepolisian sehingga bagi praktisi hukum (advokat) atau siapa saja sehingga dapat mengetahui seperti apa lazimnya surat menyurat di kepolisian. Selain itu tentu juga dilampiri contoh-contoh surat lain yang lazim digunakan dalam perkara-perkara pidana seperti pledoi, memori kasasi, hingga surat putusan pengadilan.

Kekurangan buku ini terletak pada kualitas layout dan cetak yang nampaknya masih dibawah kualitas standar. Layoutnya sangat terkesan seadanya dan cetakannya nampak tidak terlalu rapih karena kualitas tintanya yang dibeberapa bagian kurang jelas. Namun mengingat isinya yang penting, lupakan dulu soal layout dan kualitas cetak.**

ZAZULI LAW OFFICE

hukum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>