Trade Summary

MENGENAL LEBIH BAIK INVESTASI SAHAM – Mengejar Mimpi Profit 100% – (1)

Oleh Zazuli M. Hanief

Investasi saham sering kali disebut sebagai smart investment. kira-kira begini, disebut smart investment karena investasi ini mewajibkan sang investor untuk mempelajari emiten, kondisi pasar, hingga perkembangan ekonomi meskipun pada prakteKnya, hal ini bisa dilakukan oleh konsultan investasi sehingga investor hanya perlu mengambil keputusan akhir (untuk menjual atau membeli saham). Namun, tidak semua investor menggunakan Oleh Zazuli M. Hanief jasa Konsultan Investasi (Fund Manager). Banyak juga yang melakukan analisa secara mandiri dengan berbagai metode mulai yang sederhana hingga yang standar (teknikal dan fundamental).

Warren Buffet, Investor Senior USA yang nama dan prestasinya sering dirujuk, selalu menyarankan untuk melakukan analisa dan investasi secara mandiri. Apakah analisa oleh konsultan selalu buruk? Tidak. Analisa konsultan Oleh Zazuli M. Hanief baik namun investor tetap harus bijak dan cerdas dalam menerima hasil analisa. Konsultan hanya memberikan saran berdasarkan keilmuannya. Keputusan tetap ditangan investor sehingga keuntungan atau kerugian akibat investasi saham selalu menjadi tanggungjawab investor an sich. Sekuritas/broker tidak dapat dimintaiOleh Zazuli M. Hanief pertanggungjawaban kecuali tentu jika terjadi kesalahan karena itikad buruk dari pihak Sekuritas/Broker (yang nanti akan ditentukan oleh Pihak Berwenang seperti Bapepam dan BEI – Bursa Efek Indonesia).

Chart
Chart

Penting untuk memahami siapa yang bertanggungjawab atas akibat investasi (untung dan rugi) karena selama Oleh Zazuli M. Hanief ini pihak Sekuritas/Broker/Penjamin Emisi sering menjadi kambing hitam dari investor (tentu yang kurang paham dunia investasi saham) yang mengalami kerugian. Contoh nyata kasus ini dapat kita telusuri dari pengalaman Muhammad Nazaruddin yang dimuat –salah satunya- di Harian Kompas http://nasional.kompas.com/read/2016/01/27/21523581/Saham.Garuda.Turun.Nazaruddin.Minta.Uangnya.Rp.300.Miliar.Dikembalikan.

Sikap Nazaruddin yang meminta kembali uangnya karena nilai saham Garuda Indonesia menurun, menunjukan kalau Nazaruddin sama sekali gak ngerti investasi saham. Bukan gak ngerti saja, tapi SAMA SEKALI GAK NGERTI. Ini tentu Oleh Zazuli M. Hanief sangat disayangkan. Bagaimana mungkin seseorang bisa membelanjakan uangnya sebanyak ratusan milliar tanpa mempelajari (setidaknya info dasar) atau sekedar mengenal produk yang dibeli? Semoga kita dijauhkan dari hal-hal yang demikian…:-)

MENJADI INVESTOR? SEMUANYA MUDAH!!

Saat ini, menjadi investor madiri (ritel/perorangan) sudah sangat memungkinkan berkat majunya teknologi komputer dan internet. Jika dulu transaksi harus dilakukan via broker, saat ini broker (lembaga sekuritas) lebih banyak berfungsi Oleh Zazuli M. Hanief sebagai penasehat investasi, tempat bernaung investor dalam melakukan investasi dan transaksi serta penghubung investor dengan emiten (perusahaan yang menerbitkan saham). Artinya, transaksi (trading) dilakukan sendiri oleh investor secara elektronik (online trading). Namun, sistem tranksaksinya wajib melalui sistem resmi yang dikelola oleh perusahaan sekuritas.

Diluar keperluan trading, sistem online juga menyediakan berbagai informasi secara realtime maupun tidak. Contoh informasi yang dapat dipantau secara realtime antara lain index perdagangan saham di berbagai belahan dunia, fluktuasi kurs mata uang, Oleh Zazuli M. Hanief berbagai index seperti LQ45 dan Composite (perdagangan di busa lokal), rangking saham naik maupun turun, dan tentu bursa saham lokal. Oleh Zazuli M. Hanief. Sementara informasi lain yang bersifat menunjang seperti kompilasi berita tentang emiten tertentu juga tersedia sehingga investor dapat mencermati isu-isu dari emiten incarannya.(BERSAMBUNG)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>